Senin, 28 Februari 2011

Perbedaan Pers dan Press

A. Perbedaan Pers dan Press

Istilah Pers berasal dari bahasa Inggris press, yang pada awalnya berarti mencetak untuk menghasilkan barang cetakan seperti surat kabar, majalah, tabloid. Pekerjaan wartawan pada mulanya dalam menulis berita adalah dengan menggunakan mesin ketik atau mesin cetak yang masih sangat sederhana dengan cara menekan-nekan huruf keatas kertas. Proses menekan huruf dengan mesin cetak tersebut dinamakan press. Dari situlah akhirnya muncul kata press, dan berubah menjadi pers dalam bahasa Indonesia. Dengan semakin majunya perkembangan teknologi, pengertian pers terus meluas tidak hanya bagi wartawan media cetak. Tapi istilah pers juga digunakan untuk wartawan media elektronika. Padahal pekerjaan wartawan elektronik, tidak ada hubunganya dengan pekerjaan cetak mencetak. Karena hasil seluruh pekerjaan jurnalistik, disiarkan kepada khalayak melalui saluran televisi atau radio.
Istilah pers akhirnya menjadi satu kesatuan dengan aktivitas media massa. Berbagai kegiatan yang menyangkut penyebaran informasi melalui media komunikasi, selalu menggunakan atribut pers. Contoh konprensi pers (press conference) adalah aktivitas untuk menyampaikan suatu informasi dengan mengundang para wartawan media massa di satu tempat pada waktu tertentu. Tujuan konferensi pers adalah agar informasi yang disampaikan pada acara tersebut yang diliput para wartawan dapat ditulis di media cetak dan media online, ditayangkan oleh media televisi, dan disiarkan oleh media radio.Press Release adalah informasi, berita, data yang dibuat oleh suatu lembaga atau institusi mengenai sesuatu hal, yang dikirimkan ke media massa. Tujuan membuat press release adalah agar informasi, berita, data yang dibuat dan dikirim ke media massa dapat dimuat.
Aktivitas menjalankan komunikasi dalam menyebarkan gagasan, pikiran, berita, informasi, data, melalui media massa dikenal dengan sebutan jurnalistik. Istilah jurnalistik pun pada akhirnya terbagi menjadi jurnalistik media cetak, jurnalistik radio, jurnalistik televisi, dan jurnalistik internet. Jurnalistik dilihat dari asal katanya berasal dari Bahasa Inggris Journalism atau bahasa Belanda Journalistiek. Kedua bahasa itu mengambil dari kata Journal yang berarti catatan harian. Sementara itu, kata journal sendiri bila disimak dari sejarah pertumbuhannya bersumber dari kata Acta Diurna yang berarti segala kegiatan yang dilakukan dari hari ke hari.Pengertian jurnalistik adalah kegiatan mencari, menulis, dan menyebarkan informasi melalui sarana media cetak (surat kabar, majalah, buletin, tabloid) dan media elektronik (televisi, radio, internet).

Tidak ada komentar: